News

Mobil Listrik Baiknya Low Mpv Dulu

Thu, 14 March 2019 - 14:01 | visits : 56

Pemerintah masih menggodok regulasi mengenai kendaraan listrik di Indonesia. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) juga tengah menanti kabar atau kepastian mengenai regulasi tersebut, sehingga mereka tidak salah langkah mengeluarkan produknya.

Menurut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melihat langkah tepat untuk meningkatkan kesadaran pasar otomotif Indonesia terhadap kendaraan listrik adalah menyasar pasar yang ramai seperti Low MPV.

"Yang paling membawa impact untuk hybrid atau flexi engine adalah yang marketnya paling besar contohnya Low MPV," ujar Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Dony Saputra di Jakarta.

Suzuki sendiri sudah melakukan diskusi bersama Kementerian Perindustrian dan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) mengenai regulasi kendaraan listrik. Mereka harap bisa menyamakan visi dengan pemerintah terhadap elektrifikasi ke depannya.

"Mengenai hybrid kami sudah berbicara bersama rekan di Perindustrian dan Gaikindo, bagaimana terminologi hybrid. Harapannya kita sesuaikan sama tujuan pemerintah elektrifikasi ini seperti apa," lanjut Dony.

Menurut Dony penerapan elektrifikasi pada kendaraan komersial sangat tidak ekonomis. Dikarenakan ditujukan untuk bisnis yang mana kendaraan berat akan membawa beban lebih dan pengisian daya yang lama tidak efisien untuk produktifitas suatu usaha.

"Harus lihat dari usage dan purposenya, contoh bus gede yang jarak jauh, kalau dia harus hybrid atau elektrik berapa ton baterai yang harus dibawa, berapa lama harus nge-charge nilai ekonomisnya tidak dapat," kata Dony

Dony mengingatkan bahwa tujuan utama elektrifikasi adalah penekanan konsumsi BBM. Menurutnya saat ini memaksimalkan teknologi yang sudah ada pada mesin pembakaran juga menjadi langkah yang diambil.

"Nah kita harus lihat cara kegunaan dan sebagainya, tapi balik lagi tujuannya untuk apa elektrifikasi, menekan konsumsi BBM. Caranya macam-macam, yang sekarang kita maksimalkan combustion engine dengan teknologi yang sudah ada. Pada akhirnya secara total bisa mengurangi konsumsi BBM," pungkas Donny.

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top