News

Suzuki Ertiga Terpilih Jadi Car Of The Year 2019. Ini Daftar Mobil Terbaik Versi Tabloid Otomotif

Mon, 1 April 2019 - 16:00 | visits : 10
Peluncuran All New Ertiga yang berlangsung di Kepri Mall, Batam, beberapa waktu lalu

Penulis: Choirul Arifin

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Tabloid Otomotif kembali menggelar ajang Otomotif Award 2019.

Ajang ini memberikan penghargaan untuk motor roda dua dan mobil roda empat di Indonesia.

Otomotif Award 2019 digelar di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (28/3/2018.

Panji Maulana, Editor in Chief Tabloid Otomotif mengatakan, ajang ini memberikan 49 penghargaan, terdiri dari 21 kategori untuk mobil, 21 kategori untuk motor dengan kategori utama 'Car of the Year 2019' dan 'Bike of the Year 2019'.

Ajang ini juga memberikan 7 penghargaan khusus untuk industri, komunitas, dan pelaku otomotif di dunia umum, bisnis, dan motor sport di Indonesia.

Panji menyebutkan, lebih dari 50 persen produk otomotif yang menang di ajang ini diproduksi di Indonesia dan produknya telah diekspor ke mancanegara.

Di ajang ini, model low MPV Suzuki All New Ertiga meraih penghargaan Best Low MPV menyisihkan beberapa model low MPV lainnya seperti Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza.

Tak hanya itu, low MPV 7 penumpang ini menyabet penghargaan paling bergengsi di kategori roda empat, Car of the Year 2019.

Di penghargaan paling bergengsi Otomotif Award 2019 ini, All New Suzuki Ertiga menyisihkan sejumlah mobil dari berbagai kategori yang tampil sebagai yang terbaik di kategorinya.

Antara lain, New Toyota Yaris, Mazda CX-3, All New Honda Brio, Wuling Cortez 1.8 dan sejumlah mobil lain.

Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Doni Saputra (kiri) dan Setiawan Surya, 4WD Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales bersama piala Car of The Year 2019 dan Best Low MPV untuk All New Suzuki Ertiga dari Tabloid Otomotif di ajang Otomotif Award 2019 di Jakarta, Kamis (28/3/2019). (Tribunnews.com/Choirul Arifin)

Apa saja parameternya?

Berdasar hasil pengujian internal redaksi Tabloid Otomotif, All New Suzuki Ertiga layak tampil sebagai 'Car of the Year 2019' karena dari segi performa dan kenyamanan, mobil ini mendapatkan skor tinggi.

Di sisi lain, dari hasil pengetesan performa di jalan, akselerasi All New Suzuki Ertiga juga terbilang sangat baik.

Sebagai low MPV, All New Ertiga membukukan waktu tercepat berdasarkan sejumlah parameter pengujian akselerasi.

Begitu juga kualitas suspensinya, bantingannya tergolong sangat nyaman dan stabil di berbagai kondisi permukaan jalan.

"Kami sangat terhormat. Saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada manajemen tabloid Otomotif dan pelanggan Suzuki di Indonesia yang telah berhasil mengantarkan MPV andalan kami All New Ertiga sebagai pemenang Car of the Year 2019," ungkap Seiji Itayama, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales dalam sambutan singkat usai penyerahan piala Car of The Year 2019.

"All New Ertiga kami luncurkan pertama kali di 2018 untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan low MPV, yang memiliki kapasitas banyak, nyaman, serta value for money. Kami berkomitmen akan terus meningkatkan kualitas All New Ertiga agar memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia dan memberikan kebanggaan kepada keluarga Indonesia," imbuh Seiji Itayama, dalam Bahasa Indonesia yang fasih.

Wuling Cortez 1.8, mobil asal China yang baru masuk ke Indonesia ternyuata berhasil mencuri satu penghargaan dalam kategori medium MPV Gasoline, tampil sebagai pemenangnya.

Kategori Best LCGC 7-Seater dimenangi Toyota Calya dan kategori Best Small Hatchback dimenangi Hyundai i20.

Sementara, gelar Best Rookie of the Year dimenangi Toyota C-HR.

"Penghargaan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi pelaku industri otomotif Indonesia agar semakin memperbanyak produk yang dihasilkan di dalam negeri, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bisa bersaing di pasar internasional," ujar Panji.

Berani diadu

(Kompas.com)

Penghargaan yang diraih oleh Suzuki All New Ertiga ini membuat wajah Doni Saputra, Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak berhanti tersenyum.

Rasa bahagia juga dirasakan Seiji Itayama, Presdir PT SIS, ketika di babak akhir, Ertiga juga dinyatakan sebagai peraih penghargaan 'Car of The Year 2019', predikat paling bergengsi di kategori kendaraan roda empat di Otomotif Award 2019.

Keduanya kemudian didaulat naik ke panggung menerima piala dari perwakilan redaksi Tabloid Otomotif.

Ditemui usai penyerahan penghargaan, Doni Saputra mengatakan, All New Ertiga pantas meraih predikat 'Car of the Year 2019 dan Best Low MPV' karena MPV 7-seater ini paling value for money jika diukur dari biaya kepemilikannya secara keseluruhan.

"Ertiga ini value for money, tidak hanya saat saat diakusisi (harga jual yang kompetitif) tapi juga biaya perawatannya. Kami berani diadu dengan kompetitor," ujar Doni Saputra.

Doni menambahkan, semua penyempurnaan yang dilakukan Suzuki selama ini pada Ertiga generasi kedua yang kini menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc bensin ini tak lepas dari berbagai masukan yang diberikan oleh para pemilik Ertiga di model sebelumnya.

"Semua yang kita lakukan mengikuti suara konsumen. Ke depan kita harapkan produk kami lebih fit lagi mengikuti kebutuhan konsumen," beber pria asli Surabaya ini.

Dukungan after sales

Doni Saputra menyatakan, sampai saat ini Suzuki memiliki 304 outlet yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke. "Di semua provinsi kita sudah memiliki perwakikan bengkel dan toko spare parts," tegasnya.

Di penghargaan paling bergengsi Otomotif Award 2019 ini, All New Suzuki Ertiga menyisihkan sejumlah mobil dari berbagai kategori yang tampil sebagai yang terbaik di kategorinya.

Antara lain, New Toyota Yaris, Mazda CX-3, All New Honda Brio, Wuling Cortez 1.8 dan sejumlah mobil lain.

Berdasar hasil pengujian internal redaksi Tabloid Otomotif, All New Suzuki Ertiga layak tampil sebagai 'Car of the Year 2019' karena dari segi performa dan kenyamanan, mobil ini mendapatkan skor tinggi.

Dari hasil pengetesan performa di jalan, akselerasi All New Suzuki Ertiga juga terbilang sangat baik. Di kelasnya sebagai low MPV, All New Ertiga membukukan waktu tercepat berdasarkan sejumlah parameter pengujian akselerasi.

Begitu juga kualitas suspensinya, juga bantingannya tergolong sangat nyaman dan stabil di berbagai kondisi permukaan jalan.

Pemenang Otomotif Award 2019 Kategori Roda Empat:

1. Best LCGC 5-seater: All New Honda Brio Satya
2. Best LCGC 7-seater: Astra Toyota Calya
3. Best Small Sedan: New Toyota Vios
4. Best Medium Sedan: Honda Civic Turbo
5. Best Large Sedan: New Mazda6 Elite Sedan
6. Best City Hatchback: All New Honda Brio RS
7. Small Hatchback: All New Hyundai i20
8. Best of Medium Hatchback: New Toyota Yaris
9. Best Low MPV: All New Ertiga
10. Best of Medium MPV Gasoline: Wuling Cortez 1.8
11. Best Small Van: All New Toyota Sienta
12. Best Medium Van: All New Toyota Voxy
13. Best Big Van Diesel: All New Kia Sedona
14. Best Low Crossover: Suzuki SX-4 S-Cross
15. Best Medium Crossover: Mazda CX-3
16. Best Low SUV: New Honda HR-V
17. Best Medium SUV: New Hyundai Tucson
18. Best High SUV Gasoline: All New Mazda CX-5
19. Best High SUV Diesel: All New Mitsubishi Pajero Sport
20. Best Rookie of the Year: Toyota C-HR

Sumber: batam.tribunnews.com

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top