News

Penyebab Penjualan Suzuki Ignis Kalah Telak Dari Honda Brio

Mon, 21 October 2019 - 13:48 | visits : 261

TEMPO.CO, Jakarta - Suzuki Ignis yang pada tahun lalu menjadi city car terlaris harus merelakan tahtanya pada Honda Brio untuk memimpin pasar mobil perkotaan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan penjualan city car sepanjang Januari-Agustus 2019 mengalami penurunan 30,72 persen dibandingkan periode yang sama 2018.

Pada periode ini, pengiriman city car ke dealer sebanyak 16.268 unit, sedangkan pada periode yang sama 2018 terdata sebanyak 23.480 unit. Honda Brio RS menjadi model terlaris dengan penjualan sebanyak 9.431 unit, naik 17,2 persen dibandingkan periode yang sama 2018.

Honda Brio Modifikasi. Dok HPM

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, sebelumnya mengatakan meskipun pasar otomotif secara umum masih tertekanan, Honda memasuki semester II/2019 dengan tren yang positif.

“Penjualan Honda didukung oleh produk yang diminati konsumen dan juga berbagai program penjualan yang memberikan nilai lebih bagi konsumen,” ujarnya dalam keterangan resminya.

Kenaikan penjualan juga dialami oleh Daihatsu Sirion yang mencatatkan angka penjualan sebanyak 1.330 unit, naik 52,87 persen dibandingkan periode yang sama 2018.

Model city car lainnya sedikit melambat seperti Nissan March, Datsun Cross, Suzuki Ignis dan Hyundai i10. Penurunan paling besar dialami oleh Nissan March, tetapi dengan volume unit yang tidak begitu banyak.

Penurunan yang berdampak signifikan terhadap pasar ialah penjualan Suzuki Ignis yang pada Januari-Agustus 2019 hanya dikirimkan ke dealer sebanyak 3.396 unit. Padahal tahun lalu, mobil yang didatangkan dari India ini mampu dikirimkan ke dealer sebanyak 10.855 unit.

Penurunan penjualan Suzuki Ignis ini tidak lepas dari perubahan strategi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada tahun ini. Sejak awal tahun, SIS telah mencanangkan untuk fokus lebih banyak memasarkan produk yang diproduksi di dalam negeri. Dua produk yang menjadi andalan penjualan Suzuki sejauh ini yaitu pikap New Carry dan All New Ertiga yang merupakan dua produk produksi dalam negeri bersama Karimum Wagon.

Sumber: otomotif.tempo.co

See also

jQuery Slider

Comments


Group

Top